Selasa, 14 Juni 2011

waktu sangatlah berharga

Assalamualaikum. Wr.wb

Hidup Mahasiswa…. ^_^

Hello.. teman-teman mahasiswa….
Humm… Mahasiswa,,
Setiap kali teringat kata – kata Mahasiswa pastilah identik dengan yang namanya Kuliah, Tugas, Praktikum, Laporan, Organisasi, Sosialisasi dan sederet kegiatan mahasiswa yang super sibuk. Sebagian mahasiswa ada yang bisa dengan mudah menghendel waktu seefisien mungkin, tetapi ada pula mahasiswa yang masih sangat sulit untuk mengatur waktunya dengan alasan yang begitu macam yang menyebabkan mahasiswa itu sendiri kesulitan untuk memulai mmengerjakan tugas dari mana...

Waktu memang sangatlah berharga,, oleh karena itu ,, mari teman-teman mahasiswa. Mulai dari sekarang untuk bisa mengoptimalkan waktu yang tersedia ataupun yang tersisa untuk melakuakn hal-hal positif dan yang pastinya bermanfaat. Disini, saya akan berbagi trik dan tips, bagaimana mengoptimalkan waktu luang yang tersisa….
Selamat mencoba…. ^_^
1. Buat rencana harian.
Mungkin sulit untuk mengingat semua hal yang akan dilakukan hanya didalam memory otak kamu. Kamu membutuhkan sistem yang dapat melacak semua batas waktu tugas, jadwal kuliah dan kegiatan lainnya. Gunakan pengingat seperti kalender pada ponsel kamu atau pada komputer kamu apapun yang dapat memberikan peringatan yang berpengaruh terhadap kamu. Sebagian orang lebih suka dengan membuat time chart sebagai solusinya. Begitu ada pengingat jadwal kamu harusnya tahu apa yang dilakukan dan sebaiknya juga melihat jadwal kedepannya. Pastikan kamu memasukan semua kegiatan kamu didalamnya, termasuk jadwal kerja paruh waktu (bila kamu punya pekerjaan tambahan semasa kuliah).
Dengan mengetahui batas waktu maka kamu juga harus tahu waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap kegiatan. Selain itu kamu juga akan mudah untuk melakukan kegiatan tanpa harus terburu-buru. Hal ini akan mudah jika kamu sudah melatihnya semenjak awal masa kuliah.Buat rencana harianmu sebelum dikacaukan dengan agenda-agenda lainnya. Sebaiknya lakukan ini dipagi hari atau malam sebelum kamu tidur. Dengan adanya rencana ini membuat kamu mendapat gambaran besar tentang rencana hari itu kamu mau ngapain aja. Kerjaanmu hari itu cuma satu, patuhi jadwal yang sudah kamu buat sendiri.

2. Batasi waktu tiap kerjaan.
Dalam jadwal yang sudah kamu buat tadi, batasi tiap kegiatan dengan detail. Misalnya kamu harus menyelesaikan membaca buku fisiologi bab kardiorespirasi sampai jam 1 siang, terus mengerjakan laporan sampai jam 4 sore, kemudian belajar anatomi sampai jam 8 malam. Dengan begitu, waktu untuk kegiatan-kegiatan lainnya menjadi tidak terpotong oleh kegiatan sebelumnya yang ga bisa kamu kontrol.
3. Gunakan kalender.
Dalam manajemen waktu itu, sebaiknya gunakan kalender untuk mengatur semua daftar kegiatan yang kamu punya, sehingga kamu punya gambaran besar mengenai kegiatan seharian, seminggu atau bahkan sebulan kedepan. Saya pribadi biasanya menggunakan kalender di iPod Touch saya, atau terkadang menggunakan Microsoft Outlook. Teman-teman juga dapat mencoba menggunakan Google Calendar yang dapat diakses dari mana aja, asal masih ada koneksi internet.
4. Belajar berkata “Tidak”.
Ini memang susah, tapi jika kamu dapat melakukannya, kamu bisa fokus pada hal-hal yang seharusnya kamu lakukan. Jika kamu merasa tidak dapat menghandle nya, katakan tidak.

5. Target lebih awal.
Ketika kamu menargetkan ontime, biasanya kerjaan kamu akan selesai ontime atau sedikit telat. Nah, bagaimana kalau kita menargetkan semua deadline kita lebih awal, sehingga ada waktu toleransi jika telat. Untuk janjian, jadwalkan lebih awal. Untuk sebuah laporan, targetkan selesai sehari sebelumnya. Jika list kegiatan kamu banyak maka buatlah prioritas kegiatan. Bila kamu merasa tugas praktikum lab lebih penting daripada tugas sejarah atau apapun, maka luang kan waktu yang lebih untuk praktikum. Tapi jangan berlebihan. Hal yang terpenting dari prioritas adalah jangan terlalu melebihkan waktu yang digunakan. Bila organisasi mulai menyita banyak waktu kamu maka kurangi sedikit, hingga kamu bisa melakukan kegiatan yang lain. Beberapa program kalender memiliki fungsi reminder. Jika kamu punya janjian yang penting, set alarm 15 menit sebelum jadwalnya.
6. Fokus.
Apa kamu mengerjakan banyak hal sekaligus dan tak satupun selesai ? Jika begitu, fokuslah pada satu hal pekerjaan pada satu waktu. Ataupun Untuk kerja-kerja yang berhubungan, silahkan kerjakan bersama-sama dalam satu waktu. Misalnya untuk menulis laporan dan belajar. Kamu bisa belajar sambil mengerjakan laporan, karena ketika menulis laporan kamu pasti butuh referensi tambahan. Nah, bisa sekalian belajar kan ?

7. Cegah gangguan.
Sering merasa terganggu dengan telepon atau sms yang masuk saat mengerjakan laporan? Atau perhatian kamu suka teralih dengan twitter dan facebook ? Tutup semua jalur-jalur pengganggu itu. Ketika gangguan-gangguan tadi dapat diminimalkan, kamu bisa lebih berkonsentrasi.
8. Eliminasi pemakan waktumu.
Kalau kamu sedang online, kamu bisa menggunakan EggTimer untuk mencatat waktu online kamu. Jadi kamu akan tahu berapa waktu yang kamu habiskan untuk Facebook, Twitter, dan mengerjakan tugas kuliahmu.Merasa sangat terbuang waktumu oleh Facebook, Twitter, dan email ? Berikan waktu untuk mencek akun-akun tadi dalam waktu tertentu, dan patuhi. Tidak setiap saat kamu harus mengeceknya. Coba juga untuk menghilangkan bookmark ke situs-situs tadi.alasan kenapa kamu kesulitan mengatur waktu adalah karena kamu tidak memotong kegiatan yang sudah lewat batas waktu. Walaupun itu mengasyikkan, jangan biarkan itu mengganggu kegiatan-kegiatanmu yang lain.
9. Berikan waktu diantara kegiatanmu.
Jangan meletakkan jadwalmu sangat mepet waktunya. Berikan setidaknya 5-10 menit untuk narik nafas dan rehat sebentar. Waktu yang singkat itu bisa juga kamu gunakan untuk mereview tugas sebelumnya dan mempersiapkan diri untuk tugas berikutnya.
10. Pecah kerjaan yang besar jadi kecil.
Terkadang kita akan merasa lelah jika melihat kerjaan yang besar sekaligus. Coba pecah kerjaan yang dirasa besar tadi kedalam kerjaan yang kecil-kecil dan mudah dicapai.
11. Gunakan waktu menunggu
Ketika menunggu kendaraan atau transpotasi umum untuk pulang pergi kampus, waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk membaca atau ketika menunggu teman, selalu bawa catatan kecil atau ringkasan subyek kuliah, meskipun hanya satu paragraf.

Waktu semua manusia di dunia ini sama, 24 jam telah diberikan oleh Tuhan. Tapi mengapa ada orang yang sukses dan yang gagal? Mengapa ada yang bisa melakukan banyak hal dan yang cuma menganggur? Rahasianya ada pada bagaimana kita bisa mengatur waktu.
Enam hal yang sering dialami pelajar yang suka mengeluh ‘gak punya waktu’:
1. Meremehkan waktu yang tersedia
2. Membuang-buang waktu
3. Menunda tugas hingga saat terakhir
4. Membesar-besarkan tugas yang didapat
5. Tidak menepati deadline
6. Datang terlambat
Jangan Suka Menunda-nunda! Agar tak menunda-nunda tugas:
1. Membentuk pikiran positif
2. Menetapkan tujuan jelas
3. Menentukan prioritas
4. Membagi tugas besar menjadi kecil-kecil
5. Berkomitmen pada tugas
6. Gunakan pengingat/alarm
7. Hargai diri sendiri


Pemanfaatan Waktu luang.
Di tengah kesibukan kuliah, membuat tugas yang berjibun, mengetik makalah, praktikum, dan kerja praktik, pasti mahasiswa masih memiliki waktu luang. Sayangnya, banyak mahasiswa yang tak memanfaatkan waktu luangnya secara produktif.
Banyak cara membuang waktu. Nongkrong tidak jelas, main game, dan ngegosip adalah contoh membuang waktu luang. Namun, semua itu tidak produktif dan waktu terbuang sayang. Padahal, banyak hal bisa dilakukan mahasiswa untuk memperkuat atau mempersiapkan diri untuk masuk ke pasar kerja atau bahkan dunia wirausaha.
Karena kuliah hanya menjadi kegiatan formal, dan mahasiswa tidak ”memperkaya” diri atau membuka wawasan akan hal lain, maka tak heran jika setelah wisuda mahasiswa semacam itu akan tergagap-gagap saat harus bertarung di pasar kerja, atau tidak menjadi kreatif dengan menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri.


Kultur konsumtif
Aktivitas nongkrong dan hura-hura adalah hal yang biasa dilihat di kampus-kampus di Indonesia saat ini. Mahasiswa identik dengan kendaraan mewah dan model-model pakaian disertai teknologi yang canggih, seperti laptop, notebook, dan sebagainya. Tapi tidak dengan buku dan perpustakaan. Kultur konsumtif juga terlihat di kampus, menikmati pemandangan di kampus seperti memandang pasar saja. Banyak keriuhan di kantin depan kampus, warnet tempat main game online, toko pakaian, atau tempat tongkrongan dengan mahasiswa yang memegang laptop. Mereka hanya menjelajah situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya,Mahasiswa sebagai komponen kampus yang utama sekarang mengalami peredupan gairah dalam menempuh studi dan mengonstruksi diri sebagai sosok pemalas. Mahasiswa sebagai kaum intelektual sudah kehilangan ruhnya, terlihat dari penurunan peran mahasiswa sebagai akibat dari kegagalan menerima kewajibannya sebagai agen perubahan sosial.
mahasiswa akan sangat rugi jika mengabaikan waktu luang yang ada begitu saja tanpa melakukan hal-hal poositif. Waktu bisa membawa seseorang pada kesuksesan, tapi juga dapat menjerumuskan pada kegagalan. Mengingat hal itu, sebagai mahasiswa harusnya selalu berusaha mengoptimalkan waktu yang luang itu menjadi waktu yang produktif. Salah satunya adalah pergi ke perpustakaan karena tempat itulah yang bisa menambah kualitas keilmuan seorang mahasiswa. Selain itu, mahasiswa bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di kampus. Selain dapat mengembangkan bakat dan minat, serta dapat mengenali dan mengeksplorasi diri, dengan mengikuti organisasi ataupun mengikuti kegiatan di kampus, mahasiswa juga menjadi lebih terbiasa memecahkan masalah dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah tergabung dalam organisasi. Bagi mahasiswa yang tidak menyukai tergabung dalam suatu organisasi, bisa juga mengembangkan hobinya disesuaikan dengan bakat dan minat dengan melakukan sesuatu kegiatan yang positif.

Buat jadwal
Memang tidak mudah mengisi waktu luang secara produktif, apalagi yang bisa mendukung ”perjuangan” di masa depan. Persoalan mengisi waktu luang akan teratasi jika kita membuka pikiran terhadap kemungkinan-kemungkinan baru yang makin memperluas cakrawala berpikir. Untuk memulai sesuatu hendaknya mahasiswa membuat jadwal kegiatan. Setiap aktivitas sehari-hari perlu disusun secara rapi dan menentukan target yang harus dicapai dan bermanfaat.Mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi, kegiatan yang kita lakukan harus terstruktur secara jelas. Selain itu, harus menentukan target yang akan dicapai pada setiap kegiatan yang dilakukan sehingga dapat memacu semangat untuk mencapai target yang telah ditentukan tersebut.
Selain itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengisi waktu luangnya, salah satu cara yaitu senantiasa mengunjungi mading kampus yang bisa membawa kita pada kegiatan produktif. Bukan hal yang asing lagi jika isinya berupa tawaran beasiswa, freelance ngajar, lomba karya tulis, fotografi, film pendek, berorganisasi, dan lainnya. ”Peluang itu sepertinya lebih bermanfaat dan kita bisa dapat uang tambahan, pengalaman yang baru, keberanian keluar dari zona nyaman, memperbanyak jaringan dan teman. Manfaat penting lain yang didapat, manajerial waktu.
Demikian, beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mohon maaf apabila banyak kekurangannya. Terimakasih
Selamat Mencoba ^_^

http://www.anakfk.com/manajemen-diri/20-tips-manajemen-waktu-bagi-mahasiswa-kedokteran/
http://mansur12.wordpress.com/2009/01/19/manajemen-waktu-untuk-mahasiswa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar